Generasi
Muslim Milleneal (Generasi M2)
*Oleh : Lailatul Chodriyah
Globalisasi melahirkan
generasi X dan Y yang sangat terampil dalam memainkan gadget. Generasi ini disebut sebagai generasi gadget istilah ini lah yang digunakan untuk menandai munculnya
generasi millennial. Gadget sebenarnya lebih pas diartikan
dengan peralatan atau benda yang digunakan seseorang. Sehingga yang dimaksudkan
generasi disini merupakan generasi yang dalam kehidupannya bersinggungan
langsung dengan namanya peralatan yang mengandung unsur teknologi informasi.
Sehingga peralatan tersebut telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari
kehidupan mereka.[1]
Generasi dibagi menjadi
beberapa tahapan diantaranya : Generasi Tradisional merupakan generasi yang
hidup sebelum tahun 1930 an. Kemudian, pada tahun 1960-1964 tepat nya setelah
perang dunia II dimana semuanya mati karena perang pada tahun itu terjadi Baby Boomers dimana angka kelahiran
sangat tinggi. Pada tahun 1965 – 1979 disebut sebagai generasi X dimana
generasi tersebut pada saat ini sedang mengalami puncak karir nya baik di
bidang pemerintahan, politik, serta ekonomi. Pada tahun 1980 – 2000 saat ini
disebut sebagai generasi Y dimana generasi ini mempunyai relasi social yang
sangata tinggi, etika, fungsi sosial, serta argumentatif. Pada generasi Y ini
dibedakan menjadi dua golongan pertama, generasi yang mempunyai usia 22 – 37
disebut dengan milleneal dewasa. Kedua, generasi yang mempunyai usia
17-21 disebut dengan milleneal
remaja.[2]
Menurut Jean Muhammad, bahwa
milleneal muslim di cirikan sebagai berikut:
Penjelasan dari bagan ini
adalah, bahwa generasi muslim millennial
mempunyai ciri-ciri diantaranya. Secara agama mereka akan mengedepankan Iman,
Islam, serta Ihsan. Kemudian, dalam faktanya generasi ini mengalami konsumsi
barang yang sangat tinggi baik dalam hal kebutuhan sehari-hari serta kebutuhan
yang akan datang. Namun, kebanyakan dari generasi ini juga menyukai bisnis online dimana bisnis ini dapat dilakukan
kapan pun dan dimanapun ia berada.
Dalam bisnis ini tidak perlu
banyak untuk mempekerjakan orang atau pekerja. Tapi, bisnis ini lebih ke individu yang mempunyai jaringan yang
luas serta kreatifitas yang tinggi. Walaupun dikatakan bahkan generasi ini
merupakan generasi yang sangat idealis atau individu nya tinggi. Namun, mereka
mempunyai sisi sosial yang sangat tinggi yakni High Giving loyalitas terhadap sesame yang sangat tinggi. Tidak
memperkirakan saat berbagi dengan orang lain.
Komentar
Posting Komentar